Cara Menangani Burung Tledekan Yang Mengalami Stres

Posted on

Masalah yang terkadang dihadapi para kicau mania adalah burung mengalami stres. Maka Anda sangat perlu berurusan dengan burung Tledekan. Burung yang stres biasanya kurang berkicau dan kesehatannya buruk.
Saat stres, burung Tledekan untuk sementara tidak bisa mengikuti lomba berkicau. Maka anda perlu mengetahui cara mengatasi burung stress agar burung terbang bisa kembali normal seperti semula.

Burung Tledekan

Tempatkan Burung Tledekan di lokasi yang sepi/sendirian

Cara mengatasi Burung Tledekan stress adalah dengan menempatkannya di tempat yang sepi/sendirian. Hal ini dikarenakan burung pada umumnya stress karena mendapat tekanan dari suara burung lain yang lebih keras dan tinggi.
Agar burung Tledekan pulih, mereka perlu ditempatkan di area bebas burung yang mengisolasi burung penyanyi dan burung. Isolasi dilakukan dengan tidak melakukan bonding dengan burung lain. Juga, jangan dengarkan kicauan burung lain.

Mandi Yang Terlambat

Cara mengatasi burung stress selanjutnya adalah dengan memandikan dan merawatnya pada malam hari. Terapi penghilang stress dengan mandi di Tledekan pada malam hari, sambil burung-burung berkicau dengan penuh semangat.
Saat memandikan bayi di malam hari, sebaiknya jadwalkan mandi setiap hari. Tujuannya agar burung tidak terlalu banyak mandi dalam sehari. Terapi mandi malam bersifat sementara.

Ini bisa dilakukan selama satu atau dua minggu sampai burung benar-benar bebas stres. Kemudian jadwal mandi tredecan pada malam hari bisa dimulai antara jam 7 sampai jam 8 malam.

Lebih baik jangan mandi terlalu malam. Efeknya tidak baik untuk kesehatan burung yang bersarang. Anda juga bisa memberi makan jangkrik, mengelilingi kandangnya, dan menjauhkannya dari jangkauan burung penyanyi lainnya.

kondensasi

Cara lain untuk mengatasi burung yang stress adalah dengan mengembalikan semangatnya melalui terapi yang kental agar bisa lebih semangat lagi untuk berkicau. Kondensasi untuk terapi burung stress dilakukan sekitar pukul 05.00 pagi, tepat sebelum matahari terbit.
Di sisi lain, disarankan agar waktu kondensasi tidak terlalu lama untuk Tledekan. Itu hanya dapat dikompresi selama sekitar 30 menit. Anda bisa meletakkannya di depan teras Anda untuk terapi kondensasi.

See also  Cara Menjodohkan Dan Ternak Burung Ciblek

Anda juga bisa menggantungnya di tiang besi atau bambu. Setelah penebalan, burung bisa diberi trik berupa jangkrik dan umpan hitam yang dimaksudkan untuk menghangatkan tubuh makanan yang baru dicairkan.

Pemberian pakan tambahan dan vitamin Burung Tledekan

Cara mengatasi burung stress selanjutnya adalah dengan memberikan tambahan pakan dan vitamin dalam jumlah yang seimbang dan teratur. Anda juga bisa memberi makan kroto setiap 2-3 hari sekali agar ia tidak bosan.
Cara lain untuk mengatasi burung yang stress adalah dengan memberikan multivitamin yang dapat diteteskan langsung ke mulutnya atau dicampurkan ke dalam air minumnya untuk menguatkan semangatnya dan membuat burung tersebut kembali berkicau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *