Sebagai wakil presiden, Khofifah memiliki ‘cengkraman’ pemilih di NU dan Jawa Timur – Politik

Posted on

Fikri Harish (Jakarta Post)

UTAMA

Jakarta ‚óŹ
Sel, 13 Desember 2022

Berbekal pengalaman memimpin wilayah terpadat kedua di Indonesia dan dukungan akar rumput yang kuat melalui kepemimpinannya yang lama di kelompok perempuan Muslimat Nahdlatul Ulama, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, memiliki semua kualitas yang diperlukan sebagai calon wakil presiden di pemilu 2024. , analis mengatakan.

Sebagai ketua Pergerakan Mahasiswa Muslim Indonesia (PMII) cabang Surabaya di masa mudanya, karir politik Khofifah dimulai pada era Orde Baru sebagai anggota DPR pada tahun 1992 bersama Partai Pembangunan Nasional (PPP) dan dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pasca reformasi 1998.

Selain pernah menjabat sebagai anggota DPR, ia juga memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam pemerintahan, pertama sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan pada masa kepresidenan singkat almarhum Abdurrahman “Gus Dur” Wahid pada 1999-2001, dan terakhir sebagai Menteri Sosial. Urusan pada masa jabatan pertama Presiden Joko “Jokowi” Widodo pada 2014-2018.

baca cerita selengkapnya

BERLANGGANAN SEKARANG

Dari Rp 55.500/bulan

  • Akses tak terbatas ke konten web dan aplikasi kami
  • surat kabar digital e-Post
  • Tidak ada iklan, tidak ada gangguan
  • Akses istimewa ke acara dan program kami
  • Berlangganan buletin kami

Atau biarkan Google mengelola langganan Anda

See also  'Masa depan yang kelam': Kelompok hak asasi melukiskan gambaran suram setelah kemunduran besar demokrasi - Reuters

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *